Kamis, 21 Juni 2012

Pahit Getir Nyari Kerja...Part 1

bahagia campur sedih rasanya kalo inget dulu pontang panting kesana kemari nyari kerjaan...huff
gw pengen cerita susah payahnya pengalaman gw dulu nyari kerja neeyy....
gw lulus februari 2007 dari Unair dan  lulus dengan IPK pas pasan, karena itu gw bertekad memperbaiki IPK dengan ngelanjutin sekolah lagi, pertengahan juni gw diterima di Unpad dengan sedikit jumawa gw mengklaim mahasiswa S-2 (halaah), waktu itu ada dua pilihan untuk masuk kelas karyawan (malam hari) dan kelas reguler (pagi hari) karena gw bertekad mau nyari kerja sambil kuliah jadi gw ngambil kelas malem, kerjaan gw di pagi hari browsing cari lamaran kerja, trus daftar bursa kerja di kampus-kampus (dulu ikutan PCAD-ITB, CDC-UNPAD, CDC-UI malahan sampe ikutan yang di ITS), kalo diitung mungkin gw udah ngelamar ke lebih dari 200 perusahaan. setelah beberapa minggu hasil mulai tampak, perusahaan pertama yang manggil gw adalah telkomsel (waktu itu tesnya di surabaya) seneng banget rasanya dipanggil tes, dengan baju rapih berdasi dan sepatu disemir mengkilat melangkah dengan PD, tapi waktu masuk ruangan tes kok ga ada satupun orang yang pake dasi (jd ngerasa saltum) ah bodo amat lah pikir gw, yang penting bisa ngerjain soal. karena ini pengalaman gw pertama kali tes kerja, gw sama sekali ga ada gambaran tes kerja itu kaya apa, waktu itu tesnya dari jam 8 pagi sampe jam 2 siang (WTF !!) .
soal pertama adalah psikotes dan gw ngerasa bisa-bisa aja ngerjain, sewaktu soal kedua (lupa gw) dan seterusnya jadi tambah ga ngerti apalagi yang terakhir (pauli test/test koran) waktu itu gw ngerjain pauli test cuman 1 setengah halaman ga nyampe dan gw pikir ini test kerja susah bangeeet...hahahaha akhirnya beres juga tesnya dan nunggu pengumumanya sekitar 2 mingguan....setelah 2 minggu datenglah surat ke rumah (waktu itu masi dikirimin surat pemberitahuannya) dan seperti yang gw duga...i'm fail ! 
tapi ga papa lah masih banyak lagi yang lain gw pikir....
setelah itu gw tambah gencar ngelamar sana-sini. gayung bersambut perusahaan kedua yang nge tes gw waktu itu Bank Mandiri (ODP) wesss, mantep nih pikir gw...kalo yang satu ini gw tes sampe tahap ketiga (Aptitude test), tapi lagi lagi gagal....dan semakin lama gagalnya semakin di tahap awal-awal (tahap psikotest), tapi gw ga putus asa dan gw pikir gw harus fokus ke kuliah S-2 gw dulu (menghibur diri) hehehe...
setelah setaun berlalu kalo diitung itung mungkin udah sekitar 40 an kali gw ikutan tes kerja dan semuanya Gatot (gagal total), gw udah mulai agak frustasi, masalahnya jangankan sampe tahap akhir tahap awal-awal aja gw udh gagal, semua usaha udh gw lakuin mulai beli buku psikotes, buku wawancara kerja, ikutan job fair dimana mana gw datengin sampe ada beberapa penjaga stand job fair yang hafal sama gw wkwkwk bahkan sampe ikutan tes di balikpapan (Trakindo)...hahahaha 
job fair ITB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar