Jumat, 22 Juni 2012

Pahit Getir Nyari Kerja....Part 2

Awal Januari 2010 gw diterima di PT DI (Dirgantara Indonesia) seneng banget rasanya setelah  hampir setaun setengah nyari kerja ga dapet dapet, waktu itu tesnya PT DI cuman 2 tahap (Psikotes sama Wawancara) dan gw disini sebagai Legal Staff. hari pertama kerja deg degan dan bingung harus ngapain tapi lama-lama ngerti dan orang-orangnya juga ramah-ramah, kerja disini menyenangkan kawan !


PT DI
bersama rekan di PT DI

gw kerja disini sekitar 4,5 bulan dan gw resign karena satu dan lain hal (pertimbangan utama gw adalah tesis yang ga kelar-kelar disamping ada hal lain yg ngebuat gw resign)....rada nyesel juga si begitu keluar yang konsekuensinya adalah harus nyari kerja lagi, berjubel jubel di job fair lagi
setelah keluar kerja gw fokus ngerjain tesis, dan bulan agustus 2010 resmi menyandang gelar Magister Management, begitu lulus langsung bener2 fokus nyari kerja lagi, tapi kali ini aneh, justru dengan bertambahnya gelar semakin berkurang panggilan kerja gw, ternyata concern utama dari perusahaan lebih ke nyari fresh graduate daripada S-2 tanpa pengalaman kerja, cape deeeh...
tapi allah masi berbaikn hati sama gw tepat februari 2010 gw keterima di Medco Agro (perusahaan perkebunan kelapa sawit), senang bukan main perasaan gw waktu itu, bayangin aja keterima di perusahaan terkenal dan masuknya lewat jalur MT (manegement trainee) lagi dimana orang2 berebut ngedapetinnya...singkat kata singkat cerita training dimulai, training terdiri dari latihan militer (susbintal)seminggu, classroom 4 bulan dan OJT sisanya. seminggu latihan militer di Puncak ga ngebuat gw patah semangat walaupun banyak sisksaan dan tempaan dari bapak TNI dan ga sabar untuk cepet beres. setelah seminggu beres kami semua terbang ke kalimantan tengah tepatnya kota pangkalan bun dan dari kota ini harus menempuh 4 jam perjalanan lagi sampai akhir jalan aspal dan harus masuk ke hutan sawit sejauh 40 Km dari ujung jalan raya, bener2 Remote area....BUSEEET adalah kata2 yang ada di benak gw ketika pertama kali melihat tempatnya, sebagai gambaran disana hanya ada 1 warung yang menjual segala keperluan kami dan harganya 2 kali lipat dari harga di kota dikarenakan barang harus diambil ke kota, kami tinggal di bangunan semi permanen, dan seinget gw sewaktu tanda tangan kontrak HR nya bilang kalo disana ada fasilitas olahraga seperti lapangan bola, lapangan basket, voli dan lain2...which is ada banyak lapangan yang bisa dipake buat olahraga, dan kenyataanya hanya ada satu lapangan kosong besar yang silahkan mau dipake apapun boleh, dan yang paling parah adalah NO ATM machine kami hanya diajak ke kota setiap 3 bulan sekali untuk ngambil uang (WTFFFFF)...
BARAK
HUTAN SAWIT

Awalnya gw berusaha untuk betah dan menerima apa adanya, tapi lama kelamaan gw bener-bener ga kuat banget karena hidup gw kaya di penjara dan ga bisa kemana mana...
setelah cuman 2 minggu gw resign dari Medco dan mengecewakan semua orang yang sudah men suport gw...
lagi lagi nganggur...kaya De Javu sampe ke rumah dengan tatapan bengong ngeliatin langit-langit...masa kaya gini lagi, penyesalan tingkat dewa, memang menyesal itu datangnya belakangan, tapi ga ada guna gw menyesal hal yang sudah lalu, ok sekarang gw bertekad nyari pekerjaan yang bener2 bagus dan harus gw tau seluk beluknya ... 
2 hari kemudian ada telepon dari Slickbar (perusahaan yang mengatasi tumpahan minyak), dengan semangat gw menjawab telepon dan mengatakan "baik saya akan mengikuti proses rekrutmen di Slickbar"
FYI, slickbar adalah perusahaan swasta di daerah cikarang yang bergerak di bidang jasa penanganan tumpahan minyak di lepas pantai dan gw direkrut sebagai HR disana.
setelah gw diterima dan berbarengan dengan penerimaan gw, ada job fair di ITB dan gw masukin lamaran ke Pertamina....to be continued

1 komentar: